C. Manfaat
Penyusunan Program
Program
pelayanan konseling disusun dan dikembangkan didasarkan atas pertimbangan bahwa
program yang disusun dengan baik akan memberikan banyak keuntungan, baik bagi
para siswa yang mendapat layanan bimbingan dan konse!ing maupun bagi petugas
yang menyelenggarakan. Di samping itu Program pelayanan konseling yang baik,
memungkinkan keberhasilan suatu layawan bimbingan don konseling.
Prayitno
(2000) mengemukakan beberapa keuntungan disusunnya suatu program, yaitu :
1.. Memungkinkan
Guru Pembimbing untuk menghemat waktu, usaha, biaya, dengan menghindarkan
kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, dan usaha coba-coba yang tidak
menguntungkan.
2.. Siswa
asuh akan menerima pelayanan bimbingan dan konseling secara seimbang dan menyeluruh baik dalam hal kesempatan bidang bimbingan dan
jenis-jenis layanan bimbingan yang diperlukan.
3. Setiap
Guru Pernbimbing rnengetahui peranannya masing-masing dan mengetahui pula bilamana dan dimana harus bertindak.Dalam pada itu guru pembimbing akan menghayati pengalaman yang sangat berguna untuk kepentingan siswa -siswa asuhnya.
Sedangkan
Rochman Natawidjaja (1984) menjelaskan bahwa program bimbingan yang
direncanakan dengan baik dan terinci, akan memberikan banyak keuntungan.
Keuntungan-keuntungan tersebut adalah (1) memungkinkan para petugas bimbingan
menghernat waktu, usaha, biaya dengan merighindarkan kesalahan-kesalahan dan
usaha coba-coba yang tidak menguntungkan; (2) rnemungkinkan siswa untuk
mendapatkan pelayanan bimbingan secara seimbang dan menyeluruh, baik dalam
kesempatan ataupun dalam jenis pelayanan bimbingan yang diperlukan; (3) memungkinkan
setiap petugas mengetahui dan memahami peranannya dan rnengetahui bagaimana dan
dimana mereka harus melakukan upaya secara tepat; (4) memungkinkan para petugas
untuk menghayati pengalaman yang berguna untuk kemajuan sendiri dan untuk
kepentingan para siswa yang dibimbingnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar