Senin, 21 Juni 2010

PENYUSUNAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING, Perumusan Kegiatan Layanan dan Kegiatan Pendukung


2. Kegiatan Pendukung
Kegiatan pelayanan tersebut di atas akan dipermudah dan ditingkatkan kelancaran dan keberhasilannya oleh kegiatan pendukung. Kegiatan ini pada umumnya dapat dilaksanakan tanpa kontak langsung dengan siswa. Kegiatan pendukung yang perlu dilakukan adalah :
a. Aplikasi Instrumentasi, merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data dan keterangan tentang siswa, keterangan tentang lingkungan siswa dan lingkungan Iainnya. Pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan berbagai instrumen, baik tes maupun non-tes.
b. Himpunan Data, merupakan kegiatan untuk menghimpun seluruh data dan keterangan yang relevan dengan Keperluan pengembangan siswa. Himpunan data diselenggarakan secara berkelanjutan, sistematik, komprehensif, terpadu, dan sifatnya tertutup.
c. Konferensi Kasus, merupakan kegiatan untuk membahas permasalahan siswa dalarn suatu perternuan yang dihadiri oleh pihak-pihak yang dapat rnernberikan keterangan, Kemudahan dan komitmen bagi terentaskannya permasalahan siswa itu. Pertemuan konferensi kasus bersifat terbatas dan tertutup.
d. Kunjungan Rumah, merupakan kegiatan untuk memperoleh data, keterangan diri , kemudahan   dan            komitmen terentaskannya permasalahan siswa melalui kunjungan ke rumahnya. Kerja sarna dengan orang tua diperlukan.
e. AlihTangan Kasus, merupakan kegiatan pendukung untuk  mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan tuntas atas masalah yang dialami siswa dengan memindahkan penanganan kasus ke pihak lainnya, misalnya kepada guru mata pelajaran, konselor, sesuai dengan permasalahan siswa.
f. Tampilan Kepustakaan, yaitu kegiatan menyediakan berbagai bahan pustaka yang dapat digunakan peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan sosial, kegiatan belajar, dan karir/jabatan.
Kegiatan pelayanan konseling tersebut kesemuanya saling terkait dan saling menunjang baik langsung maupun tidak Iangsung. Guru pembimbing wajib menyelenggarakan jenis-jenis pelayanan konseling tersebut dengan penyesuaian sepenuhnya terhadap karakteristik siswa yang dilayani .Penyelenggaraan jenis-jenis layanan itu dibantu oleh kegiatan pendukung. Perlu diingatkan bahwa kegiatan pendukung hanyalah sekedar pendukung, yang ketidakterlaksanaannya tidak boleh mengurangi pelaksanaan jenis-jenis layanan yang sifatnya lebih utama itu.

Tidak ada komentar: