D. Perumusan Kegiatan Layanan dan Kegiatan Pendukung
Setelah materi pelayanan konseling tersusun maka langkah
selanjutnya adaiah menentukan k.egiatan layanan dan pendukuna aria yang akan digunakan
dalam pemberian layanan materi bimbingan dan konseling tersebut. Kegiatan
layanan dan pendukung yang dapat diberikan adalah sebagai berikut :
1. Kegiatan Pelayanan Konseling
Pelayanan konseling dilakuk.an kontak langsung dengan dan secara
langsung berkenaan dengan permasalahan ataupun kebutuhan tertentu yang
dirasakan siswa. Kegiatan Layanan itu difokuskan kepada salah satu atau
beberapa kompetensi yang hendaknya dicapai/dikuasai siswa. Layanan-Iayanan
tersebut adalah :
a. Layanan Orientasi, merupakan Iayanan yang memungkinkan
siswa memahami Iingkungan baru, terutama Iingkungan sekolah dan obyek¬obyek
yang dipelajari, untuk mempermudah dan memperlancar berperannya siswa di
Iingkungan yang baru itu.
b. Layanan Informasi, merupakan Iayanan yang memungkinkan
siswa menerima dan memahami berbagai informasi (seperti informasi belajar,
pergaulan, jabatan, pendidikan lanjutan).
c.Layanan Penempatan dan Penyaluran, merupakan Iayanan yang
memungkinkan siswa memperoleh penernpatan dan penyaluran yang tepat (misalnya
penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program
studi, program latihan, magang, kegiatan ko/ekstra kurikuler).
d. Layanan Penguasaan Konten, yaitu Iayanan yang membantu
peserta didik menguasai konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan
yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga dan masyarakat.
e. Layanan Konseling Perorangan, merupakan Iayanan yang
rnemungkinkan siswa melakukan (secara perorangan) untuk mengentaskan
permasa!ahan yang dideritanya dan perkembangan dinnya.
f.Layanan Bimbingan Kelompok merupakan Layanan yang memungkinkan sejumlah
siswa secara bersama-sama mela!ui dinamika kelompok memperoleh bahan dan
membahas pokok bahasan (topik) tertentu untuk menunjang pernahaman dan pengemembangan
kemampuan sosial, serta untuk pengambilan keputusan atau tindakan tertentu
melalui dinamika kelompok.
g.Layanan Konseling Kelompok, merupakan layanan yang
memungkinkan siswa (masing-masing anggota kolompok) memperoleh kesempatan untuk
pernbahasan dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok.
h. Layanan Konsultasi, merupakan layanan yang memungkinkan
seseorang memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan
dalam menangani kondisi dan atau permasalahan orang lain yang menjadi kepeduliannya.
i. Layanan Mediasi, merupakan layanan yang memungkinkan
pihak-pihak yang sedang dalam keadaan saling tidak menemukan kecocokan
(bertikai) menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar