Minggu, 06 Juni 2010

PENYUSUNAN PROGRAM PELAYANAN KONSELING, Analisis Kebutuhan


Pelayanan konseling disusun berdasarkan kebutunan, lengkap dan menyeluruh, sistematik, terbuka dan lues, memungkinkan bekerja sama, dan memungkinkan diselenggarakannya penilaian dan tindak ianjut.
A.  Analisis Kebutuhan
Guru pembimbing perlu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan peserta didik yang terkait dengan tugas-tugas dan tingkat perkembangannya. Sebelum merumuskan Program pelayanan konseling, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan, yaitu : 
(1) mengkaji kebutuhan atau masalah peserta didik yang nyata di lapangan, dan
(2) mengkaji harapan peserta didik, sekolah dan masyarakat terhadap materi bimbingan dan konseling. Kebutuhan atau masalah siswa dapat diidentifikasi melalui ;
         -(1) karakteristik siswa, seperti aspek-aspek fisik (kesehatan dan keberfungsiannya), kecerdasan, motif belajar, sikap dan kebiasaan belajar, temperamen (periang, pendiam, pemurung, atau mudah tersinggung), dan karakternya (seperti kejujuran, kedisiplinan, dan tanggung jawab); dan 
         -(2) harapan peserta didik, sekolah, dan masyarakat dapat dianalisis dari tugas-tugas perkembangan yang dijabarkan dalam rumusan kompetensi dan materi pengembangan kompetensi dalam pengembangan silabus.

Tidak ada komentar: