Senin, 12 Maret 2012

Bibliokonseling, salahsatu jenis layanan tak langsung

Membantu siswa memcahkan permasalahannya tidak harus dengan layanan langsung face to face.Adakalanya kita bisa mengupayakan nya  dengan jalan memanfaatkan siswa itu sendiri.Misalnya kita menemukan bahwa tingkat hubungan sosial siswa kelas tertentu kurang baik, maka kita bisa mencarikan jalan untuk membantu mengakrabkan atau meningkatkan hubungan sosial tersebut dengan jalan bibliokonseling.
Caranya :
-Akan lebih baik jika topik yang kita ambil berdasarkan data yang kita peroleh, misalnya dalam hubungan sosial,  tentu saja dengan "sosiometri".Dari Sosiogram yang ada maka kita lakukan tindaklanjut.
-Kita berikan tugas untuk membahas topik " Temanku sangat berarti bagiku" (hanya contoh)
-Kita bentuk kelompok dinamis, dimana antara siswa favorit dan non favorit di gabung.
-Kita beri mereka tugas, mengumpulkan informasi mengenai topik yang kita berikan.
-Dalam hal untuk pelaporan, kita beri mereka pilihan apakan dalam bentuk tulisan atau klipping dll.
-Setiap kelompok kita beri kesempatan untuk presentase.

Dari hasil kerja seperti ini kita berharap:
-akan terbuka pikiran siswa dan bertambah wawasan mereka akan pentingnya "berteman".
-hubungan diantara siswa semakin dekat
-terjadinya perkelahian akan bisa di minimalisir

Hasil kerja mereka dapat kita jadikan sebagai lampiran untuk laporan kerja kita, termasuk jika ada pemeriksaan oleh pengawas.

1 komentar:

Tamam mengatakan...

ada refrensinya bukunya jg gak?
kunjungi jyga
http://bk-gemilang.blogspot.com/
:))